---Alat Alat Jaringan---







1.Alat -Alat jaringan & fungsinya

Jika di perhatikan pada Gambar disamping untuk membangun sebuah jaringan di perlukan berbagai macam alat, dengan bantuan alat-alat inilah semua perangkat dapat saling berkomunikasi ,baik menggunakan media Kabel ataupun Nirkabel (wireless), di bawah ini saya akan menjelaskan beberapa alat yang sering di gunakan untuk membangun sebuah jaringan komputer.






- Router : merupakan perangkat keras jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan suatu jaringan beberapa jaringan . router digunakan untuk mengirimkan paket data melalui jaringan atau internet untuk menuju tujuannya , prosesnya dinamakan routing










-  Access Point : sebuah perangkat dalam jaringan komputer yang dapat menciptakan jaringan lokal nirkabel atau Wlan (Wireless Local Area Network) .Acces point akan dihubungkan dengan router atau swicth melalui kabel dan memancarkan sinyal wifi di area tertentu 







-   Switch Hub :Alat ini digunakan untuk membroadcash semua fasilitas yang diberikan router kepada client dengan media kabel  ,sebenarnya fungsi alat ini sama seperti AP hanya saja perbedaanya agar client bisa terhubung ke jaringan tersebut harus menggunakan kabel yang dihubungkan ke port pada alat ini.







 2.Jenis-Jenis Kabel Jaringan 

Saat membangun jaringan komputer tentu tidak lepas dari yang namanya kabel walau saat ini memang sudah banyak perangkat tanpa kabel (nirkabel), namun tetap saja perangkat tersebut akan menggunakan media kabel untuk proses penukaran data ke server pusat demi menjaga kualitas transfer data pada jaringan tersebut.




  • Kabel Coaxial  




Kabel ini adalah kabel klasik yang hampir saat ini sudah tidak digunakan lagi, saat ini kabel coaxial sudah tergantikan dengan adanya kabel Twisted Pair yang di rasa cukup plexibel, mudah di gunakan dan memiliki transfer data yang lebih besar dari kabel coaxial.







  • Kabel twisted pair Terbagi menjadi 3 diantaranya:



1. UTP (Unshielded Twiisted Pair)

Kabel jenis ini menjadi salah satu kabel yang paling banyak di gunakan untuk membangun jaringan komputer,memiliki lapisan pada sisi kabel maka kabel ini menjadi kabel yang lumayan rentan terkena gangguan seperti voltase listrik, medan magnet dan cuaca buruk jika posisi kabel ini terletak di luar ruangan.












2. FTP (Foiled Twisted Pair)



Fungsi kabel ini sama seperti kabel UTP perbedaanya adalah kabel jenis ini memiliki lapisan pelindung semacam foil sehingga kabel ini lebih tahan terhadap gangguan noise dan magnetic.








3. STP (Shielded Teisted Pair)


Sama seperti kabel FTP yang memiliki pelindung pada susunan kabelnya, kabel STP juga demikian, yang membedakan adalah jenis pelindung pada susunan kabel tersebut. STP juga memiliki kemampuan yang baik dalam menangkal gangguan noise dan magnetic.










Cara membuat kabel bisa di lihat di Cara membuat kabel Straight dan Cross




















Komentar

Postingan Populer