Learn Basic Server, Materi 1 :Web Server


Apa Itu Web Server?



server web atau peladen web dapat merujuk baik pada perangkat keras ataupun lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protocol komunikasi http atau https atas berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dalam menggunakan aplikasi tertentu seperti peramban web .


pengguna paling umum server web adalah untuk menempatkan situs web , namun pada praktik nya penggunaan diperluas sebagai tempat penyimpanan data ataupun untuk menjalankan sejumlah aplikasi kelas bisnis .


dan dilansir pula dari situs idclouhost.com bahwa Websserver merupakan salah satu kkebutuhan yang digunakan oleh user untuk website yang cepat untuk trafik yang besar dalam mencegah terjadinya down pada suatu web atau aplikasi .


pengertian web server adalah sebuah software yang memberikan  layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari http atau https pada klien yang dikenal dengan nama web browser (Mozilla, google chrome, dll) dan untuk mengirimkan kembali yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentu dokumen HTML .


Fungsi Web Server , fungsi utamanya adalah untuk melakukan atau akan mentransfer berkas permintaan pengguna melalui protocol komunikasi yang telah ditentukan sedemikian rupa halaman web yang diminta terdiri dari berkas teks , video , gambar , dan banyak lagi.


Salah satu contoh dari web server aadalah Apache (Apache Web Server - The HTTP Web server) merupakan web server yang paling banyak dipergunakan di internet . program ini pertama kali di desain unutk sistem operasi lingkungan UNIX . Apache mempunyai program pendukung yang cukup banyak . Hal ini memberikan layanan yang cukup lengkap bagi penggunanya.


Definisi Web Server 

fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protocol komunikasi yang telah ditentukan . disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks , gambar , video , dan lainnya . 


Pengguna , biasanya melalui aplikasi pengguna seperti peramban web , meminta layanan atas berkas atau pun halaman web yang terdapat pada sebuah server web , kemudian server sebagai manajer layanan tersebut akan merespon balik dengan mengirimkan halaman dan berkas pendukung yang dibutuhkan , atau menolak permintaan tersebut jika halaman yang diminta tidak tersedia . 

Sejarah Web Server


Tahun 1989 , Tim Berners lee mengajukan pada perusahaan nya CERN ( European Organization for Nuclear Research ) sebuah proyek yang bertujuan untuk mempermudah informasi antar para peneliti dengan menggunakan sistem hiperteks . sebagai hasil atas implementasi proyek ini . tahun 1990 Berners lee  menulis dua program komputer : 

Sebuah peramban yang dinamainya sebagai worldwideweb , server web pertama didunia , yang kemudian dikenal sebagai CERN httpd , yang berjalan pada sistem operasi Nextstep .


Dari tahun 1991hingga 1994 , kesederehanaan serta efektiffitas atas teknologi yang digunakan untuk berkunjung serta bertukar data melalui worldwideweb membuat kedua apikasi tersebt diadopsi pada sejumlah sistem operasi agar dapat digunakan oleh lebih banyak individu ataupu kelompok , awalnya adalah organisasi penelitian , kemudian berkembang dan diguakan dalam industri bisnis. 

Tahun 1994 , Tim berners lee memutuskan untuk membakukan organisasi worldwideweb consortium (W3C) untk mengatur pengembangan lanjut atas teknologi teknologi terkaitnya (HTTP , HTML , dll)
melalui proses standarisasi.

Komentar

Postingan Populer