---Jaringan Skala Geografis---

Jaringan Skala Geografis




Gambaran LAN, MAN, WAN


  • LAN (Local Area Network)



Adalah jenis jaringan yang memiliki ruang lingkup yang kecil, pada umumnya jaringan jenis ini di terapkan pada warnet,kantor, lab sekolah, perumahan, dll. yang memiliki area lingkup kecil. Jaringan jenis ini Hanya dapat Menghubungkan komputer pada jarak yang terbatas yang berjarak kira kira tidak lebih dari 1KM .media yang dapat di gunakan untuk menghubungkan jaringan ini bisa berupa kabel ataupun nirkabel.




  • MAN (MEtropolitan Area Network)


Jaringan ini adalah gabungan dari beberapa jaringan LAN pada wilayah yang berbeda, jaringan ini punya jangkauan yang lebih luas di bandingkan  jaringan LAN ,1 jaringan MAN dapat terdiri dari beberapa jaringan LAN. Sebagai contoh pada sebuah bank yang dimana bank tersebut memiliki beberapa cabang di setiap kota nya seperti : Bekasi, Jakarta, Bandung, Bogor dll dan pada setiap cabang sudah memiliki jaringan berbasis LAN dan dimana setiap jaringan LAN ini harus terhubung dengan jaringan LAN pada wilayah yang lain.



  • WAN (Wide Area Network)



Jaringan dengan skala jangkauan paling luas di antara LAN dan MAN dimana jangkauanya bisa mencapai antar benua atau bahkan antar negara, untuk membuat jaringan ini umumnya menggunakan bantuan satelit atau kabel bawah laut.

Komentar

Postingan Populer