---Penjelasan Protocol dan Port---


Protocol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan , komunikasi , dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer . protocol dapat diterapkan pada perangkat keras , perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya .

Port adalah mekanisme yang mengizinkan sebuah komputer untuk mendukung beberapa sesi koneksi dengan komputer lainnya dan program di dalam jaringan . port dapat mengidentifikasi aplikasi dan layanan yang menggunakan koneksi di dalam jaringan TCP/IP . sehingga port mengidentifikasi sebuah proses tertentu dimana sebuah server dapat memberikan sebuah layanan kepada klien atau bagaimana sebuah klien dapat mengakses sebuah layanan yang ada di dalam server . Port dapat dikenali dengan angka 16-bit (dua byte) yang disebut dengan Port number  dan diklasifikasikan dengan jenis protocol transport apa yang digunakan , ke dalam Port TCP dan Port UDP . karena memiliki angka 16 bit , maka total maksimum jumlah port untuk setiap protocol transport yang digunakan adalah 65536 buah . Dilihat dari penomorannya , port UDP dan TCP dibagi menjadi tiga jenis , yakni sebagai berikut :

  • Well Known Port : yang pada awalnya berkisar antara 0 hingga 255 tetapi kemudian diperlebar untuk mendukung antara 0 hingga 1023 . port number yang termasuk ke dalam well known port , selalu merepresentasikan layanan jaringan yang sama , dan ditetapkan oleh Internet Assigned Assigned Number Authority (IANA) . Beberapa dia antara nya port -port yang berada di dalam range Well-known port masih belum ditetapkan dan direservasikan untuk digunakan oleh layanan yang bakal ada pada masa depan . Well-known port di definisikan dalam RFC 1060 .

  • Registered Port : port port yang digunakan oleh vendor vendor komputer atau jaringan yang berbeda untuk mendukung aplikasi dan sistem operasi yang mereka buat . Registred port juga diketahui dan didaftarkan oleh IANA tetapi tidak bisa dialokasikan secara permanen , sehingga vendor lainnya dapat menggunakan port number yang sama . Range registered port berkisar dari 1024 hingga 49151 dan beberapa port di antaranya adalah Dynamically Assigned Port .

  • Dynamically Assigned Port : merupakan port -port yang ditetapkan oleh sistem operasi atau aplikasi yang digunakan untuk melayani request dari pengguna sesuai dengan kebutuhan . Dynamcally Assigned Port berkisar dari 1024 hingga 65536 dan dapat digunakan atau dilepaskan sesuai kebutuhan



Komentar

Postingan Populer